Monetize Blog Sukses itu Bernama Sanat Kumara
Selasa, 02 November 2010
Saya kenal dengan pak Sanat (begitu biasa dipanggil) di Bali sekitar 5 tahun yang lalu. Beliau adalah salah satu pebisnis online tersukses di Indonesia, yang menggarap sektor tourism di Bali dan sebagian Jawa. Cara dan strateginya patut ditiru, beliau ngeblog dengan hati penuh kecintaan produknya yaitu tourism. Alhasil eksistensi internasional juga dia dapat, tanpa harus repot tradeshow sana sini. Low Budget High Impact!
Pak Sanat Mwnciptakan Layanan Online Sendiri Bisnisnya dengan Blogging sebagai media Online Branding Perusahaannya, yang berakibat efek domino yang sangat besar pada banyak orang di sekitarnya, yaitu semakin majunya tourism di Bali.
Saat ini mungkin yang sedang Anda pikirkan adalah: “Saya harus bagaimana seperti pak Sanat, sukses monetize blog”. Atau pikiran seperti ini sudah lama ada di benak Anda, tapi dengan mengesampingkan kondisi telah menjadi bagian dari komunitas online atau bisa dibilang Anda masih belum beranjak dari posisi semula. Atau bisa jadi, memang Anda telah menghasilkan uang online tapi masih menghindar untuk menghasilkan lebih banyak lagi. Belajar dari pak Sanat, ngeblog monetizing dan menciptakan layanan online untuk bisnisnya.
Anda dapat menjual hampir apa saja di internet. Jika ide menciptakan produk tangible atau layanan tidak menarik perhatian Anda, Anda dapat membangun sebuah bisnis penjualan advertising besar kepada site lain. Hanya ada satu yang harus diingat, dan ini dimana 99% dari keseluruhan penjual terjerumus – tidak pernah menciptakan produk atau servis baru dan kemudian mencoba untuk mencari tahu kepada siapa produk atau layanan ini akan dijual. Dan hal ini benar-benar suatu kemunduran, dan mungkin Anda telah menghabiskan banyak waktu serta uang Anda dalam proses ini.
Apa yang harus dikerjakan adalah menetapkan fokus pada pasar yang ada, temukan apa yang mereka ingin beli, dan kemudian buat sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Setelah Anda dapat melakukan hal tersebut, dapat dengan mudah bagi Anda untuk membuat mereka tahu akan keberadaan Anda sekarang. Setelah Anda dapat menunjukkan keberadaan Anda dan terdapat permintaan akan yang Anda jual, produk atau layanan Anda akan dengan sendirinya terjual. Mengapa harus menghabiskan waktu meyakinkan orang-orang kalo mereka membutuhkan produk Anda disaat Anda dapat dengan mudah menciptakan dan menjual apa yang benar-benar mereka butuhkan.
Tidak setiap produk, layanan, atau site yang Anda buat akan menjadi pemenang, tetapi jika pendekatan pengembangan produk Anda mengikuti cara ini setidaknya akan ada perkembangan positif dalam usaha Anda. Jika Anda merasa hal ini terdengar terlalu sederhana, ya…karena memang begitu. Sebagian besar orang sepertinya kurang memahami konsep ini, dan ini sangat memalukan.Mereka jatuh cinta pada sebuah produk dan kemudian mencoba untuk menjualnya, tetapi semakin mereka melakukan itu semakin sulit akan dilakukan. Percayalah Anda tidak akan menjadi salah satu dari mereka.
Anda mencoba untuk tahu, atau berkeinginan untuk belajar, tentang segala sesuatu yang memang perlu diketahui mengenai industri spesifik Anda. Memang akan sangat keras untuk melakukannya jika Anda tidak benar-benar tulus, mungkin juga tidak akan ada kesenangan buat Anda.
Bukalah mata dan telinga. Ketika seseorang mengatakan “Harusnya terdapat cara yang lebih mudah untuk….” atau “Saya berharap ada cara untuk…” disitulah sebuah produk baru menanti untuk diciptakan. Carilah di search engine dan temukan site-site populer yang berhubungan dengan keahlian atau kesenangan Anda. Carilah produk dan layanan yang orang lain telah jual dengan sekses, temukan bagaimana mereka melakukannya, kemudian gabungkan dengan keunikan Anda dan ikuti kesuksesan mereka.
Pak Sanat menekankan tujuan dari para blogger adalah membangun basis pembaca (membangun traffic) dan berhati-hati atas kehilangan basis pembaca ini karena posting promosi yang kurang bagus (bad/excessive ads). Dengan begitu, bisnis online pak Sanat Kumara cukup melejit di tataran internasional. Fungsi fungsi social media dia gunakan sesuai dengan era social media saat ini. Unsur SEO juga dimasukkan. So? Anda masih bingung mencari figur sukses memonetizing Blog di Indonesia dengan layanan online sendiri?
Membangun brand produk lewat bloging dan social media (facebook, twitter, youtube) juga dilakukan dilakukan. Anda bisa lihat di blognya ini. Studi kasus ini harus Anda tiru, from zero to hero. Membuat layanan online sendiri dan efek domino bagi ekonomi di Bali. Masih banyak blogger kayak pak Sanat yang nati saya angkat satu satu.
Siapa siapa siapa?….;) tunggu next blogger sukses berikutnya.
Sekilas Pak Sanat Kumara:
I Gede Sanat Kumara, President and Founder
After graduating from Goethe Institute in Nurenberg, Germany, in 1981, I Gede Sanat Kumara went on to study Graphic Art and Marketing Design at Sydney College, Australia in 1984. Upon returning to Bali, he managed few hotels at Marketing Department and Travel Agent Business where he gained experiences. As of 1997 he brought together a team of internet technology and graphic design experts to establish ABL as a local leader in e-travel and online hotel reservation services.
Label:
Asia,
Bali,
Business,
Earth,
Germany,
Indonesia,
Monetize,
Physical body,
Sanat Kumara